Cari di Sini

Sabtu, 25 Juni 2011

Belanja di Seoul

Shopping! Salah satu kegiatan paling menyenangkan ketika jalan-jalan. Seoul salah satu kota paling asik buat belanja. Selain barangnya lucu-lucu, tempat dan suasana berbelanjanya menyenangkan, harganya juga relatif wajar. Banyak pilihan, dari emperan sampe butik, tergantung kantong masing-masing.^^

Daerah sekitar Apgujeong, Cheongdam, Gangnam menawarkan banyak tempat belanja dan restoran bagi orang-orang mapan. Di kawasan ini juga ada mal COEX dan taman bermain dalam-ruang Lotte World. Turis gembel seperti aku cuma numpang lewat aja di kawasan ini kekeke.

Tempat nongkrong anak muda biasanya di daerah sekitar Hongdae (Hongik University), Sinchon, dan Idae (Ewha Woman’s University). Di sini suasananya lebih santai dan trendy. Barang-barang yang dijual unik dan lucu. Di sekitar Hongdae, pada periode tertentu bisa ada performa dadakan dari mahasiswa seni.

Tempat belanja favoritku adalah Myeongdong. Satu kawasan yang (seperti Blok M tapi gak pake bechek dan faktor-faktor tidak nyaman lainnya) isinya pertokoan (baju, sepatu, aksesoris, kosmetik), jajanan pinggir jalan, kafe, kaki lima. Oh, surga! Biasanya aku benci keramaian, tapi senang aja melihat suasana ramai di Myeongdong, apalagi melihat fashion anak-anak mudanya. Lucu-lucu.

Pasar Dongdaemun… favorit juga! Surga belanja fashion (baju, sepatu, aksesoris). Satu kawasan yang gedeee banget terdiri dari banyak department store, dari yang mahal sampe murah, bisa beli satuan sampe grosiran. Ada satu gedung isinya tas semua, baju semua, sepatu semua. Bikin pusing saking banyaknya. Bukanya malam hari (di atas jam 10 malam). Makin larut malam, makin rame. Banyak orang belanja partai besar berkarung-karung karena mereka belanja untuk dijual lagi. Favoritku di Dongdaemun adalah tas-tasnya. Keren-keren!! Harganya kalau dirupiahin mulai 150ribuan, rata-rata 250ribuan.

Pasar yang lebih mirip pasar adalah Namdaemun. Pasar murah jualan baju, sepatu, perlengkapan rumah tangga, makanan, buah, dll. Namanya juga murah, baju dan sepatunya menurutku biasa saja di sini, kurang fashionable.

Itaewon juga terkenal sebagai tempat belanja. Kawasan ini populer di kalangan orang asing yang tinggal di Seoul, karena di sini ada banyak pub. Banyak toko jualan tas bermerk palsu, barang antik, jaket kulit, sepatu. Aku pribadi sih kurang suka. Ngapain pergi ke Korea kalau lihatnya orang-orang asing kkk… Tapi daya tarik Itaewon adalah, di sini ada mesjid.^^

Untuk belanja suvenir, pergilah ke Insadong. Satu jalan isinya pedagang jualan pernak-pernik lucu khas Korea buat oleh-oleh. Kaus kaki gambar kartun selebriti juga ada di sini.

Tips belanja di Seoul:
- Kalau punya kartu kredit, lebih baik gesek daripada bayar cash. Kurs bank di kartu kredit biasanya lebih bagus (waktu aku ke sana, won 8,5, kurs kartu kredit 8,2). Enaknya di Seoul, kartu kredit diterima luas. Bahkan beli karcis cable car Namsan Tower bisa pake kartu kredit. Jadi kalau belanja di toko, gesek aja. Duit cash dipakai buat belanja di emperan atau di pasar.
- Di pasar, jangan malu-malu nawar. Cuma, jangan nawar terlalu kejam juga. Korea tidak seperti Cina. Di Cina, penjual biasanya pasang harga berkali-kali lipat lebih mahal, jadi kita harus tega nawar. Di Korea, umumnya buka harga cuma dinaikin dikit. Jadi nawarnya dikit aja. Atau, kalau belanja lebih dari satu barang, lebih gampang nawarnya.
- Bisa bahasa Korea lebih bagus. Apalagi kalau pedagangnya tahu kita turis asing tapi bisa bahasa Korea, bisa dimanfaatkan untuk minta diskon. Gak bisa bahasa Korea? Tenang, di pasar, kalkulator bicara.^^
- Barang-barang murah di Korea: aksesoris (lucu-lucu banget dan keterlaluan murahnya, ada anting yang cuma 1.000 won atau sekitar 8.500 rupiah) dan kosmetik (etude house, faceshop, missha, skinfood, dkk yang di sini seperti barang mewah, di negeri asalnya harganya cuma sepertiganya).
- Bawa karung ke Dongdaemun. Kau tidak akan pernah tahu seberapa banyak akan memborong tas! Hahaha. Becanda~^^

1 komentar:

  1. Salam kenal mas Syarif..

    Saya rencananya, InsyaAllah ke seoul tgl 7-10 november 2011 utk short training...

    kbetulan hotelnya di daerah gangnam-gu dekat dgn tempat trainingya..kt moderator lokal, kl mw blanja diatas jam 5 sore pergi ke dongdaemun aja...

    kira2 sy hrs naik apa ya mas enaknya kesana? bus ato lainnya maybe?

    kalo ada info2 penting lainnya blh juga di share tuh:)

    Regards,

    Evron

    BalasHapus