Cari di Sini

Kamis, 08 September 2011

Debat Capres Republik Berlangsung Sengit

CALIFORNIA- Para kandidat nominasi presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik pada pemilihan umum (pemilu) 2012 kemarin berdebat di Perpustakaan Kepresidenan Reagan, California.

Gubernur Texas Rick Perry berdebat dengan mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney tentang prestasi mereka dalam penciptaan lapangan kerja. Sedangkan anggota Kongres perempuan Michele Bachmann menegaskan keyakinannya bahwa kebijakan layanan kesehatan Presiden AS Barack Obama mengakibatkan berkurangnya lapangan kerja.

Kandidat lainnya, mantan Gubernur Utah Jon Huntsman, pengusaha Herman Cain, anggota Kongres Ron Paul, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (House of Representatives) Newt Gingrich dan mantan Senator Pennsylvania Rick Santorum juga ambil bagian dalam debat tersebut.

BBC melaporkan, debat kemarin merupakan satu dari tiga debat dalam beberapa pekan ke depan. Pengamat mengatakan, pada pendukung Partai Republik tampaknya akan segera memutuskan pilihannya dalam beberapa bulan mendatang. Musim primary 2012 tidak diperkirakan dimulai hingga Februari nanti.

Dua kandidat unggulan, Perry dan Romney, mendominasi awal perdebatan. Perry mengungkapkan prestasinya dalam penciptaan lapangan kerja selama 10 tahun menjadi gubernur Texas. Perry berasal dari kubu konservatif yang dengan cepat bergabung dengan kelompok utama saat dia memasuki persaingan merebut nominasi presiden.

Sedangkan Romney yang menjual dirinya terkait pengalamannya dalam sektor swasta, memaparkan peta jalan untuk ekonomi AS.

Perry mengkritik langsung lawan utamanya, Romney, dengan mengatakan, “Saya (Perry) telah menciptakan lebih banyak pekerjaan dalam tiga bulan terakhir di Texas daripada yang diciptakannya (Romney) dalam empat tahun di Massachusetts.”

Romney membalas pernyataan itu dengan menegaskan, “Saya bangga dengan apa yang dapat kami lakukan dalam situasi yang sulit.”

Debat itu segera membahas tema pelayanan kesehatan yang undang-undangnya disetujui Kongres pada 2010 tapi mendapat tentangan dari Partai Republik. Bachmann memperingatkan, undang-undang itu akan menuju pada “pengobatan sosialis”, sedangkan Gingrich menyebut regulasi itu “barang aneh.”

Romney dan Perry masing-masing menekankan, jika terpilih, mereka akan berupaya mencabut undang-undang pelayanan kesehatan sesegera mungkin setelah dilantik pada 2013.

Undang-undang pelayanan kesehatan disahkan pada 2010 yang memperluas akses asuransi kesehatan pada hampir seluruh rakyat AS, dengan pajak-pajak baru yang diberlakukan pada orang-orang kaya dan membatasi praktek-praktek asuransi yang melanggar hukum, seperti menolak memberikan jaminan pada orang yang memiliki kondisi medis yang kritis.

Berbagai isu yang diperdebatkan oleh para kandidat meliputi harga bahan bakar dan keamanan dalam negeri. Perry dipaksa membela catatannya sebagai gubernur Texas dan terutama tentang posisinya yang skeptis terhadap perubahan iklim dan evolusi, serta kesediaannya mengesahkan rancangan undang-undang medis oleh perintah eksekutif.

Menghadapi tekanan itu, Perry mengakui bahwa dia mungkin dapat mengesahkan legislasi itu secara berbeda. Debat itu juga beberapa kali menyinggung Presiden Obama.

Romney berkomentar bahwa Obama tidak memiliki strategi untuk menjalankan negara. Perry menambahkan, Obama terbukti tidak dapat menciptakan pekerjaan untuk Amerika Serikat (AS).

Bachmann kurang terlibat banyak dalam beberapa momen perdebatan sengit yang terjadi antara beberapa kandidat. Bachmann memiliki kebijakan fiskal dan sosial yang konservatif. Kampanyenya mengalami kemunduran pekan ini saat manajer kampanye Ed Rollins dan wakilnya David Polyansky mundur.

Kandidat lain berupaya membuat pendapat terdengar. Jon Huntsman tampak lebih tenang dan menunjukkan sikap lebih netral daripada debat-debat sebelumnya. Debat tersebut menjadi bagian dari pertarungan politik saat pekan lalu Gedung Putih mengumumkan bahwa Obama berencana memberikan pidato di Kongres pada malam yang sama. Karena Republik keberatan, presiden kemudian terpaksa menjadwalkan ulang pidatonya pada Kamis malam (1/9). (syarifudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar