Cari di Sini

Minggu, 07 September 2014

4 Cara Memperkuat Mental Entrepreneur



Anda pebisnis pemula yang sedang coba-coba merintis usaha? Nah, merintis usaha ada ilmu dan strateginya. Salah ilmu atau strategi maka bisnis Anda bisa gagal. Kalau Anda gagal, Anda bisa memilih apakah akan tetap lanjut atau mental Anda sudah down duluan. 

Nah, inilah 4 cara untuk memperkuat mental entrepreneur Anda:

1. Sadari bahwa pada tahun pertama 80% bisnis itu gulung tikar atau bangkrut dan tutup. Nah, dengan menyadari hal ini, mental Anda sudah siap terlebih dulu jika bisnis yang Anda jalani sekarang memiliki dua potensi yakni potensi gagal dan potensi berhasil. 

Potensi gagalnya adalah 80% dan potensi berhasilnya adalah 20%. Dengan menyadari ini maka mental Anda sudah lebih siap saat menghadapi kegagalan. Jadi, jangan hanya membayangkan atau bermimpi yang indah-indah saja, tapi sadarilah bahwa bisnis Anda pun memiliki potensi gagal. 

2. Sadari bahwa pada tahun kedua, dari 20% yang selamat pada tahun pertama, maka 80% bisnis itu akan gulung tikar. Berhasil melalui tahun pertama bukan menjadi jaminan bisnis Anda akan berhasil. Menurut survei, bisnis yang berhasil melalui tahun pertama, maka memiliki potensi tutup pada tahun kedua. Menyadari fakta ini dapat menyiapkan mental Anda apabila bisnis yang Anda bangun gagal.  Demikian selanjutnya hingga 80% bisnis pada lima tahun pertama itu tutup. Jika Anda berhasil melalui lima tahun pertama, maka terus perbaiki bisnis Anda agar selamat melalui lima tahun kedua.

3. Lakukan semua usaha 100%, setelah itu serahkan pada pasar. Jika Anda gagal dalam bisnis karena belum melakukan semua cara 100%, maka itu adalah salah Anda. Namun jika Anda sudah melakukan semuanya 100%, maka ketika bisnis Anda gagal, maka Anda bisa mengatakan pada diri Anda, “Saya sudah berusaha 100%.” 

Tapi umumnya, orang yang gagal dalam bisnisnya karena belum melakukan 100% untuk bisnisnya. Dia kadang masih ragu-ragu atau setengah-setengah dalam mengurus bisnisnya. Maka jangan bilang sudah melakukan semuanya jika Anda memang belum melakukan semua usaha 100%. Jujurlah pada diri Anda sendiri dan tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar sudah melakukan semua langkah hingga 100%?

4. Sadarilah bahwa kesuksesan itu tidak instan. Kesuksesan itu muncul dari berbagai pengalaman kegagalan yang terus diperbaiki. Jika Anda tidak menyadari hal ini, maka ketika Anda mengalami satu kali kegagalan, Anda sudah putus asa. Seorang entrepreneur menyadari bahwa keberhasilan itu dibangun dari banyak pengalaman gagal yang terus diperbaiki. Intinya jangan pernah berhenti berusaha. 

Terus pusatkan konsentrasi Anda dan memperbaiki segala sisi kekurangan dari bisnis yang sedang Anda jalani. Saat Anda melihat orang sukses, ketahuilah bahwa dia pernah mengalami banyak kegagalan sebelumnya. Kalau tidak percaya, silahkan tanya langsung pada sosok orang sukses yang Anda kagumi. Atau bacalah buku yang ditulis banyak orang sukses. Pasti di sana diceritakan berbagai kegagalan yang pernah dia alami. Menyadari hal ini akan memperkuat mental entrepreneur Anda. 

Empat cara ini semoga dapat membantu memperkuat mental entrepreneur Anda. Tentu masih ada banyak cara lain. Jika Anda punya pengalaman tentang empat cara ini atau cara lain untuk memperkuat mental entrepreneur Anda, silahkan tulis komentar di kolom komentar di bawah ini.

Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar Rp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar