Cari di Sini

Jumat, 19 September 2014

5 Strategi Meningkatkan Produktivitas Anda (lanjutan)



3. Miliki strategi email yang jelas. Sangat mudah untuk terlalu terlena membaca email. Baik itu lebih baik atau lebih buruk, saya yakin lebih buruk, kita hidup dalam budaya email dan smartphone. Tapi tidak setiap email yang masuk memerlukan respon segera. Kebijakan email yang ketat akan menghemat waktu Anda dan banyak membantu Anda, menjadi lebih produktif.
Hanya periksa inbox email Anda di sela-sela jadwal harian Anda. Pertama, scan subject dan pengirim untuk memastikan mana email yang penting. Jawab email-email yang penting terlebih dulu. Ingat, Anda hanya memiliki waktu terbatas untuk email dan perlu tetap melaksanakan jadwal sehari-hari.

Selanjutnya, proses email-email yang memerlukan waktu dua menit atau kurang untuk meresponnya. Rencanakan untuk membalas emal yang memerlukan respon yang membutuhkan waktu lebih dari dua menit, selama waktu fleksibel Anda pada hari tersebut. Jadwalkan hal yang kurang penting untuk masa depan daripada memakan waktu Anda.

Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak memeriksa inbox email. Jika ada hal penting, langsung telepon atau temui orang tersebut. Jangan mengandalkan pada email untuk menyelesaikan masalah atau membuat kesepakatan penting.

4. Miliki strategi rapat. Rapat tandap agenda seperti membuang waktu. Tanyakan terlebih dulu agendanya dan tujuan setiap rapat yang Anda hadiri. Atur rapat yang tidak memerlukan pembuatan keputusan yang sulit pada bagian setengah hari kedua sehingga Anda memiliki waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas penting pada hari itu.

5. Makan sendiri kadang-kadang saja. Buku Never Eat Alone yang ditulis Keith Ferrazzi menjelaskan, sudah menjadi kebiasaan para pemimpin bisnis dan entrepreneur selama hampir satu dekade bahwa mereka umumnya tidak pernah makan sendiri. Itu memberi ide bahwa orang-orang bisnis harus menggunakan waktu makan siang sebagai saatnya membangun jaringan.

Ini saran bagus tapi anda tidak harus membangun jaringan secara langsung. Gunakan waktu makan siang untuk menyapa teman-teman Anda melalui email, Linkedln atau telepon. Tujuannya untuk tetap terhubung secara rutin dan membangun timbal balik dengan mereka dalam jaringan Anda, tidak hanya menghubungi mereka saat Anda memerlukan sesuatu.

Itu artinya, kadangkala hal paling penting untuk Anda lakukan saat waktu makan siang ialah memperbarui tenaga untuk setengah hari kedua hari Anda. Itu terserah Anda, sepanjang Anda mengikuti rencana Anda.

Inti dari strategi ini dapat disingkat dalam satu kata: perencanaan. Kita semua memiliki 24 jam setiap hari. Manfaatkan setiap hari sebagai hadiah dengan perencanaan yang baik dan semaksimal mungkin.  

Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar Rp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar