Cari di Sini

Jumat, 05 September 2014

Delapan Langkah Memulai Bisnis dengan Sedikit (atau Tanpa) Modal

Para entrepreneur selalu memiliki banyak ide bisnis luar biasa, termasuk Anda. Sayangnya, mereka banyak yang kekurangan modal. Mereka berpendapat ide mereka tidak akan pernah terwujud jika mereka tidak memiliki dukungan dana yang sangat besar.
Tampaknya saat ini hampir setiap hari ada bisnis baru (startup) yang menerima uang jutaan dolar dari perusahaan investasi. Tapi yang tidak Anda dengar ialah, ada banyak bisnis baru yang menggunakan miliaran rupiah hanya untuk merugi atau menutup pintu kantor mereka selamanya.

Jika Anda memiliki ide dan rencana tapi tidak memiliki cukup dana, jangan patah semangat. Ya, karena Anda tidak punya modal, maka Anda harus bersedia mengorbankan hari-hari Anda yang panjang dengan sedikit tidur. Anda harus merasakan stres karena kendala dana itu.   

Nah, ini ada delapan tip untuk membantu Anda tetap dapat memulai ide bisnis Anda meskipun hanya memiliki dana terbatas.

1. Bangun bisnis Anda berdasarkan apa skill dan pengetahuan yang Anda miliki. Daripada harus merambah wilayah yang belum Anda ketahui, pastikan Anda membangun bisnis Anda di sekitar skill dan pengetahuan Anda. 

Jika Anda membangun bisnis di sekitar skill Anda, maka Anda tidak perlu menggunakan konsultan atau bantuan pihak luar. Selain itu, memiliki pengetahuan tentang seluk beluk bisnis yang Anda kerjakan, merupakan syarat utama untuk sukses menjadi entrepreneur.

2. Katakan pada semua orang yang Anda kenal tentang apa yang sedang Anda kerjakan. Beritahu keluarga Anda, teman, rekan bisnis, dan kolega di masa lalu tentang bisnis baru Anda. Telepon mereka, kirim email dan pastikan bisnis baru Anda terpampang di berbagai profil media sosial Anda. 

Teman-teman dan keluarga Anda dapat membantu menyebarkan informasi tentang bisnis Anda dari mulut ke mulut. Selain itu, kontak bisnis Anda di masa lalu dapat mengenalkan merek Anda pada kontak profesional yang mereka miliki. Jenis marketing akar rumput ini dapat membantu memperkenalkan bisnis Anda pada audiens yang lebih luas.

3. Hindari pengeluaran yang tidak perlu. Anda tentu memiliki banyak pengeluaran uang dan ada beberapa hal yang tidak dapat dihindari. Yang dapat Anda hindari ialah pemborosan. Lakukan sesuatu sesederhana kartu nama. 

Anda dapat menghabiskan uang hingga Rp10 juta hanya untuk membuat 500 kartu nama mewah, atau Anda hanya perlu mengeluarkan Rp100 ribu untuk 500 kartu nama biasa. Bertindak cermat di awal membangun bisnis dapat memberi perbedaan besar antara sukses dan gagal dalam bisnis.

4. Jangan terlalu banyak menggesek kartu kredit. Ada cara cerdas dan cara bodoh dalam menggunakan kartu kredit saat memulai bisnis. Komputer baru, furnitur kantor, telepon dan perlengkapan kantor dapat memberatkan pengeluaran anggaran di awal. 

Daripada membeli semuanya sekaligus dengan menggesek kartu kredit, gunakan pendapatan perusahaan Anda untuk mendanai pengeluaran bisnis Anda. Menghapus stres dan menghilangkan tumpukan tagihan kartu kredit, dapat meningkatkan peluang menciptakan bisnis yang sukses.

Klik TIP SELANJUTNYA untuk membaca tip kelima hingga kedelapan.  

Baca lebih lengkap di ebook Jadi Miliarder dalam 1000 Hari. Hanya Rp21.000. Kami kirim langsung ke email Anda. Hubungi WhatsApp 081288851177.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar