Cari di Sini

Jumat, 05 September 2014

Delapan Langkah Memulai Bisnis dengan Sedikit (atau Tanpa) Modal (lanjutan)



5. Buat kebijakan piutang yang tidak merugikan Anda. Jika bisnis Anda berbasis operasi ritel, maka ini tidak berlaku. Tapi jika Anda menyediakan jasa seperti konsultan atau produk pada pihak pengecer, Anda perlu memastikan kebijakan pembayaran Anda bisa mendukung bisnis Anda. 
Anda dapat tetap beroperasi lancar dengan pembayaran selang 15 hari atau 30 hari? Jangan membuat kebijakan pembayaran berdasarkan apa yang diinginkan konsumen tapi buatlah berdasarkan apakah operasional bisnis Anda dapat sukses.

6. Membangun saham keringat. Apa artinya? Saat saya mulai membangun bisnis saya, saya bekerja sepanjang waktu, menangani semua aspek bisnis sekaligus marketing dan memikirkan pengembangannya. 

Semua kerja keras dan berhari-hari kerja itu tidak akan sirna begitu saja. Anda sedang membangun merek dan kerja keras Anda meningkatkan nilai bisnis Anda. Saham keringat Anda akan bernilai bahkan jika Anda memutuskan menjual sebagian perusahaan atau melibatkan mitra baru.

7. Manfaatkan iklan dan marketing gratis. Ada beberapa cara untuk memaksimalkan bisnis Anda tanpa mengeluarkan uang. Media sosial merupakan cara hebat untuk mendapat respon, komentar, dan berinteraksi dengan para konsumen potensial. Anda dapat juga menghubungi media lokal dan menawarkan konsultasi tentang kepakaran Anda. Dengan demikian masyarakat lokal mengetahui keberadaan Anda dan bisnis Anda.

Lakukan kontak sebanyak mungkin dengan media lokal dan bertindaklah sangat responsif atas berbagai permintaan mereka. Ini akan membuat mereka mem-branding Anda sebagai pihak yang ahli di tingkat lokal, menciptakan banyak publikasi media untuk bisnis Anda.

8. Bersiap menuju keramaian. Kerja keras jelas dibutuhkan, tapi saat Anda memulai bisnis dengan modal kecil atau tanpa modal, Anda harus siap mendedikasikan segala yang Anda punya agar bisnis Anda sukses. Ini mungkin berarti melakukan promosi langsung lewat telepon, menangani layanan pelanggan, mengelola tagihan dan pembukuan, serta bekerja menangani berbagai hal dalam bisnis Anda. Anda akan mengeluarkan banyak keringat, otot, tenaga, pikiran, waktu, dan energi, untuk menyukseskan bisnis Anda.

Intinya, jangan biarkan keterbatasan modal mencegahmu mewujudkan ide besarmu. Jalanilah mimpimu dengan langkah nyata. Sedikit demi sedikit. Ini tentu akan sulit dan apakah anda akan mengalami stres? Tentu saja, tapi itulah bagian dari dunia entrepreneur.

Apakah Anda telah memulai bisnis dengan saham keringat? Jika ya, beritahu pengalaman Anda membangun bisnis Anda di kolom komentar di bawah ini.   

Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar Rp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar