Kerja keras untuk
meluncurkan bisnis baru bisa terbayang sangat menakutkan. Tentu saja semua tergantung
pada jenis bisnis yang hendak Anda bangun; manufaktur menghadapi sejumlah
tantangan unik, demikian juga riteler dan perusahaan konsultan. Namun saat Anda
memiliki konsep dan dana, ada beberapa hal mendasar secara umum.
Kami telah berbicara
dengan para pemilik bisnis, konsultan, dan para profesor agar bisnis baru dapat
menuju tahap manajemen yang bagus. Terapkan dasar-dasar ini pada industri Anda
sendiri dan Anda akan siap menciptakan bisnis yang sukses.
1. Validasi ide Anda
Einas Ibrahim, pendiri
Talem Advisory, perusahaan konsultan bisnis di New York City mengatakan
kesalahan terbesar para entrepreneur baru ialah memulai ide bisnis sebelum memastikan
ada permintaan pasar. Jika bisnis Anda bertujuan menjual perangkat yang belum
pernah ada di dunia, pastikan dunia, faktanya, memerlukan perangkat Anda.
Mungkin perangkat itu memang belum ada karena tidak ada yang membutuhkannya.
Jika perangkat itu dibutuhkan pasar, lalu pastikan dunia menginginkannya untuk
membayar demi barang tersebut.
“Jangan mengerjakan bisnis hingga Anda
memastikan ide itu. Pastikan ada pasarnya. Pastikan apa yang diinginkan
konsumen. Kadangkala visi entrepreneur tidak terkait dengan apa yang diinginkan
konsumen,” ujar Ibrahim.
Riset pasar sangat
penting bagi bisnis baru (startups) dengan mimpi besar. Jika Anda bertujuan menjadi
bisnis satu miliar dolar, ambil langkah-langkah untuk memastikan pasar dapat
memuaskan aspirasi Anda.
“Para entrepreneur
menyadari ini setelah mereka mulai bicara dengan para investor. Ide itu mungkin
sangat menarik, tapi mungkin terlalu kecil untuk dapat didanai oleh investor
profesional, atau oleh pemodal bisnis. Jika seluruh pasar kurang dari USD500
juta (sekitar Rp6 triliun), maka bisnis itu tidak terlalu bernilai bagi pemodal bisnis untuk mendanai
Anda,” papar Ibrahim.
2. Jabarkan rencana
dan anggaran Anda
Bahkan rencana bisnis
terbaik dapat menjadi berantakan. Bisnis baru yang sukses akan menghadapi
sesuatu yang bahkan tidak pernah diperkirakan. Siapkan langkah untuk
menghadapinya.
“Miliki rencana
tentang bagaimana bisnis akan dikelola. Ini bentuk pembuatan keputusan sebelum
Anda harus membuat keputusan,” papar Leonard Green, pendiri dan chairman The
Green Group, perusahaan pajak, konsultan, akuntan dan profesor entrepreneurship
di Babson College.
Berbagai keputusan itu
berada di sekitar misi bisnis Anda pada struktur perusahaan dan kebijakan
kompensasi. Saat anggaran bisnis Anda membutuhkan dana tunai, asumsikan bisnis
Anda tidak menghasilkan pendapatan sedikit pun pada tahun pertama. “Seringkali
saat Anda dapat menjual, Anda tidak dapat menyimpannya untuk beberapa bulan.
Anda masih harus membayar sewa, peralatan, gudang, gaji, dan promosi,” papar
Green.
3. Bangun tim yang
tepat
Mungkin langkah paling
penting dalam evolusi bisnis Anda ialah membentuk satu tim yang bekerja sama
dengan baik dan dapat menghasilkan produk berkualitas. “Sebagian besar
entrepreneur hebat secara alami adalah konektor orang, sehingga mereka memiliki
jaringan yang kuat, menempatkan mereka secara menguntungkan dalam waktu
singkat,” tulis Mark Coopersmith, entrepreneur teknologi dan pengajar di Universitas
California, Haas School of Business, Berkeley.
Tim Anda perlu berbagi
ide tentang bagaimana bisnis harus berjalan. “Elemen kunci di sini ialah
entrepreneurship merupakan satu tim olahraga. Bangun tim di awal dan bangun
dengan nilai-nilai bersama. Karena jika Anda, pegawai, dan mitra Anda
menyepakati nilai-nilai bersama, Anda dapat menggunakan nilai-nilai itu untuk
membuat berbagai keputusan,” kata Cooper-smith.
Cooper-smith mengutip
kalimat Peter Drucker, guru manajemen yang 60 tahun lalu menulis bahwa
perusahaan hanya memiliki dua fungsi utama: marketing dan inovasi. Dengan kata
lain, bisnis ada untuk membuat dan menjual produk. “Saya akan pastikan tim saya
menguasai dua skill itu,” ujarnya.
Anda membutuhkan tim
yang pragmatis dan mampu bekerja sama saat masa sulit. Duduk dengan anggota tim
dan rencanakan semua langkah preventif. “Apa yang terjadi jika mitra Anda
menjadi cacat? Sakit? Berpisah? Atau tiba-tiba bisnis memburuk, dan sekarang
kita harus meminjam uang ke bank? Anda harus memutuskan semua itu sebelumnya,
sehingga itu semua bukan Anda atau saya, tapi kami,” katanya.
Silahkan klik ini untuk membaca lanjutan artikel.
Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayarRp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000. Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.
Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar