Cari di Sini

Senin, 29 September 2014

5 Hal yang Harus Anda Kerjakan Agar Sukses Meluncurkan Bisnis


Kerja keras untuk meluncurkan bisnis baru bisa terbayang sangat menakutkan. Tentu saja semua tergantung pada jenis bisnis yang hendak Anda bangun; manufaktur menghadapi sejumlah tantangan unik, demikian juga riteler dan perusahaan konsultan. Namun saat Anda memiliki konsep dan dana, ada beberapa hal mendasar secara umum.

Kami telah berbicara dengan para pemilik bisnis, konsultan, dan para profesor agar bisnis baru dapat menuju tahap manajemen yang bagus. Terapkan dasar-dasar ini pada industri Anda sendiri dan Anda akan siap menciptakan bisnis yang sukses.

1. Validasi ide Anda

Einas Ibrahim, pendiri Talem Advisory, perusahaan konsultan bisnis di New York City mengatakan kesalahan terbesar para entrepreneur baru ialah memulai ide bisnis sebelum memastikan ada permintaan pasar. Jika bisnis Anda bertujuan menjual perangkat yang belum pernah ada di dunia, pastikan dunia, faktanya, memerlukan perangkat Anda. 

Mungkin perangkat itu memang belum ada karena tidak ada yang membutuhkannya. Jika perangkat itu dibutuhkan pasar, lalu pastikan dunia menginginkannya untuk membayar demi barang tersebut.

 “Jangan mengerjakan bisnis hingga Anda memastikan ide itu. Pastikan ada pasarnya. Pastikan apa yang diinginkan konsumen. Kadangkala visi entrepreneur tidak terkait dengan apa yang diinginkan konsumen,” ujar Ibrahim.

Riset pasar sangat penting bagi bisnis baru (startups) dengan mimpi besar. Jika Anda bertujuan menjadi bisnis satu miliar dolar, ambil langkah-langkah untuk memastikan pasar dapat memuaskan aspirasi Anda.

“Para entrepreneur menyadari ini setelah mereka mulai bicara dengan para investor. Ide itu mungkin sangat menarik, tapi mungkin terlalu kecil untuk dapat didanai oleh investor profesional, atau oleh pemodal bisnis. Jika seluruh pasar kurang dari USD500 juta (sekitar Rp6 triliun), maka bisnis itu tidak terlalu bernilai bagi pemodal bisnis untuk mendanai Anda,” papar Ibrahim.

2. Jabarkan rencana dan anggaran Anda

Bahkan rencana bisnis terbaik dapat menjadi berantakan. Bisnis baru yang sukses akan menghadapi sesuatu yang bahkan tidak pernah diperkirakan. Siapkan langkah untuk menghadapinya.

“Miliki rencana tentang bagaimana bisnis akan dikelola. Ini bentuk pembuatan keputusan sebelum Anda harus membuat keputusan,” papar Leonard Green, pendiri dan chairman The Green Group, perusahaan pajak, konsultan, akuntan dan profesor entrepreneurship di Babson College.

Berbagai keputusan itu berada di sekitar misi bisnis Anda pada struktur perusahaan dan kebijakan kompensasi. Saat anggaran bisnis Anda membutuhkan dana tunai, asumsikan bisnis Anda tidak menghasilkan pendapatan sedikit pun pada tahun pertama. “Seringkali saat Anda dapat menjual, Anda tidak dapat menyimpannya untuk beberapa bulan. Anda masih harus membayar sewa, peralatan, gudang, gaji, dan promosi,” papar Green.

3. Bangun tim yang tepat

Mungkin langkah paling penting dalam evolusi bisnis Anda ialah membentuk satu tim yang bekerja sama dengan baik dan dapat menghasilkan produk berkualitas. “Sebagian besar entrepreneur hebat secara alami adalah konektor orang, sehingga mereka memiliki jaringan yang kuat, menempatkan mereka secara menguntungkan dalam waktu singkat,” tulis Mark Coopersmith, entrepreneur teknologi dan pengajar di Universitas California, Haas School of Business, Berkeley.

Tim Anda perlu berbagi ide tentang bagaimana bisnis harus berjalan. “Elemen kunci di sini ialah entrepreneurship merupakan satu tim olahraga. Bangun tim di awal dan bangun dengan nilai-nilai bersama. Karena jika Anda, pegawai, dan mitra Anda menyepakati nilai-nilai bersama, Anda dapat menggunakan nilai-nilai itu untuk membuat berbagai keputusan,” kata Cooper-smith.

Cooper-smith mengutip kalimat Peter Drucker, guru manajemen yang 60 tahun lalu menulis bahwa perusahaan hanya memiliki dua fungsi utama: marketing dan inovasi. Dengan kata lain, bisnis ada untuk membuat dan menjual produk. “Saya akan pastikan tim saya menguasai dua skill itu,” ujarnya.


Anda membutuhkan tim yang pragmatis dan mampu bekerja sama saat masa sulit. Duduk dengan anggota tim dan rencanakan semua langkah preventif. “Apa yang terjadi jika mitra Anda menjadi cacat? Sakit? Berpisah? Atau tiba-tiba bisnis memburuk, dan sekarang kita harus meminjam uang ke bank? Anda harus memutuskan semua itu sebelumnya, sehingga itu semua bukan Anda atau saya, tapi kami,” katanya. 

Silahkan klik ini untuk membaca lanjutan artikel.

Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar Rp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar