Lanjutan artikel 5 Hal yang Harus Anda Kerjakan Agar Sukses Meluncurkan Bisnis
4. Bangun sistem
pendukung
Perjalanan
entrepreneur dapat terlihat seperti pencarian seorang diri. Tapi sebelum Anda
melakukan perjalanan semacam itu, anda perlu memastikan orang yang mencintai
Anda mendukung Anda. Faktanya, hal itu penting untuk kesehatan emosi Anda dan
kesehatan perusahaan Anda.
“Saya selalu katakan,
membutuhkan satu desa untuk membangun bisnis baru. Sebagai seorang entrepreneur,
Anda tidak bisa melakukannya seorang diri. Anda memerlukan dukungan mental dan
emosional dari teman-teman dan keluarga Anda untuk membantu Anda saat masa
sulit,” kata Margaux Guerard, co-founder dan CMO Memi, perusahaan teknologi
untuk perempuan.
Guerard keluar dari
pekerjaannya sebagai direktur marketing di Diane von Furstenberg untuk
membangun Memi bersama mitra bisnisnya, Leslie Pierson pada 2012. Perusahaan
pertamanya itu mengalami masa luar biasa, frustrasi, menguntungkan dan
merugikan, kadangkala terjadi dalam satu hari. Dia menyandarkan diri pada orang
yang dicintainya untuk membantunya tetap pada jalur.
“Saya melihat diri
saya menjadi cheerleader untuk perusahaan. Saat setiap orang mengatakan ‘tidak’
saya mengambil pompom saya dan mengatakan ‘ya, ya, ya’. Saat saya merasa
frustrasi, sedih, dan terpukul, saya perlu melakukan itu. Siapa yang membantu
saya? Keluarga saya, teman-teman saya, dan suami saya,” ungkap Guerard.
5. Merespon masukan
dan temukan model Anda
Saat Bayard Winthrop hendak
memproduksi jaket buatan Amerika, dia menemui ratusan potensial konsumen dengan
membawa beberapa prototipe dan bertanya pada mereka apa yang mereka pikirkan.
Bagaimana rasanya saat memakai? Apakah terlalu kasar? Apakah terlalu lembut? Apakah
terlalu mengkilat?
Tanpa tahu masukan
dari calon konsumen Anda, menurut Winthrop, pendiri dan presiden American Giant
yang berbasis di San Francisco, Anda tidak akan pernah tahu jika ide Anda itu
bagus atau jelek. “Kami melakukan segalanya mulai dari memasang foto di website
hingga membuat 100 jaket dan mencobanya langsung pada calon konsumen,” ujarnya.
American Giant yang
diluncurkan pada 2012 telah mempertimbangkan setiap centimeter dari jaketnya.
Sebelum perusahaan diluncurkan, Winthrop menanyai pendapat para konsumen
tentang semua aspek garmen, mulai dari potongan, jahitan, bahkan risleting.
Pembuatannya sendiri membutuhkan waktu enam bulan hingga sesuai dengan
keinginan konsumen.
“Dalam dunia jaket,
mendapatkan desain yang pas itu seperti memasak makanan yang enak. Itu
memerlukan masukan dan bertanya pada orang tentang apa yang akan mereka bayar
untuk itu,” papar Winthrop.
Masukan membuat
fisikawan Mitesh Patel, pendiri Docphin, untuk merancang teknologinya. Dia
mendesain platform untuk membantu para profesional perawat kesehatan mendapat
akses yang cepat para artikel-artikel riset dalam jurnal-jurnal medis. Tujuannya
agar cepat.
Tapi website itu pada
proses pendaftaran pertama terbukti membuat banyak pengguna frustrasi. Docphin
harus kembali menanyai para pengguna pertama dan mengurangi rata-rata waktu
pendaftaran menjadi dua menit. Saat ini Docphin melayani 500 rumah sakit di
penjuru dunia.
“Bagi kami. Ini semua tentang mencari nilai
pengguna akhir dan bagaimana Anda mendapatkannya untuk mencapai nilai itu
secepat mungkin. Apa yang kami temukan sebagai nilai riil ialah kecepatan,”
katanya.
Bagi para entrepreneur
baru, perlu menyadari bahwa berpikir untuk memperbaiki bisnis itu tidak akan
pernah berpikir.
“Anda selalu berpikir tentang bagaimana Anda dapat membuat
semuanya menjadi lebih baik,” papar David Rush, co-founder dan CEO Earshot,
perusahaan asal Chicago yang membantu bisnis menemukan konsumen baru melalui
media sosial.
Produk awal Rush ialah
aplikasi yang disebut Evzdrop yang memungkinkan orang-orang asing di lokasi
yang sama untuk saling berkomunikasi. Konsumen mengatakan pada Rush bahwa
mereka ingin akses lebih luas menggunakan jejaring sosial. Melihat peluang
bisnis yang lebih baik, dia berubah, dan pada Oktober 2013, Evzdrop menjadi
Earshot.
“Anda harus benar-benar menyadari apa yang dikatakan data pada Anda dan
apa yang mampu Anda pelajari dari kondisi daya saing Anda atau pasar yang
hendak Anda layani atau masalah yang hendak Anda selesaikan. Ini produk
berkelanjutan. Anda tidak akan pernah puas,” papar Rush.*
Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayarRp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000. Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.
Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar