Cari di Sini

Senin, 29 September 2014

5 Hal yang Harus Anda Kerjakan Agar Sukses Meluncurkan Bisnis (lanjutan)



4. Bangun sistem pendukung

Perjalanan entrepreneur dapat terlihat seperti pencarian seorang diri. Tapi sebelum Anda melakukan perjalanan semacam itu, anda perlu memastikan orang yang mencintai Anda mendukung Anda. Faktanya, hal itu penting untuk kesehatan emosi Anda dan kesehatan perusahaan Anda.

“Saya selalu katakan, membutuhkan satu desa untuk membangun bisnis baru. Sebagai seorang entrepreneur, Anda tidak bisa melakukannya seorang diri. Anda memerlukan dukungan mental dan emosional dari teman-teman dan keluarga Anda untuk membantu Anda saat masa sulit,” kata Margaux Guerard, co-founder dan CMO Memi, perusahaan teknologi untuk perempuan.

Guerard keluar dari pekerjaannya sebagai direktur marketing di Diane von Furstenberg untuk membangun Memi bersama mitra bisnisnya, Leslie Pierson pada 2012. Perusahaan pertamanya itu mengalami masa luar biasa, frustrasi, menguntungkan dan merugikan, kadangkala terjadi dalam satu hari. Dia menyandarkan diri pada orang yang dicintainya untuk membantunya tetap pada jalur.

“Saya melihat diri saya menjadi cheerleader untuk perusahaan. Saat setiap orang mengatakan ‘tidak’ saya mengambil pompom saya dan mengatakan ‘ya, ya, ya’. Saat saya merasa frustrasi, sedih, dan terpukul, saya perlu melakukan itu. Siapa yang membantu saya? Keluarga saya, teman-teman saya, dan suami saya,” ungkap Guerard.

5. Merespon masukan dan temukan model Anda

Saat Bayard Winthrop hendak memproduksi jaket buatan Amerika, dia menemui ratusan potensial konsumen dengan membawa beberapa prototipe dan bertanya pada mereka apa yang mereka pikirkan. Bagaimana rasanya saat memakai? Apakah terlalu kasar? Apakah terlalu lembut? Apakah terlalu mengkilat?

Tanpa tahu masukan dari calon konsumen Anda, menurut Winthrop, pendiri dan presiden American Giant yang berbasis di San Francisco, Anda tidak akan pernah tahu jika ide Anda itu bagus atau jelek. “Kami melakukan segalanya mulai dari memasang foto di website hingga membuat 100 jaket dan mencobanya langsung pada calon konsumen,” ujarnya.

American Giant yang diluncurkan pada 2012 telah mempertimbangkan setiap centimeter dari jaketnya. Sebelum perusahaan diluncurkan, Winthrop menanyai pendapat para konsumen tentang semua aspek garmen, mulai dari potongan, jahitan, bahkan risleting. Pembuatannya sendiri membutuhkan waktu enam bulan hingga sesuai dengan keinginan konsumen.

“Dalam dunia jaket, mendapatkan desain yang pas itu seperti memasak makanan yang enak. Itu memerlukan masukan dan bertanya pada orang tentang apa yang akan mereka bayar untuk itu,” papar Winthrop.

Masukan membuat fisikawan Mitesh Patel, pendiri Docphin, untuk merancang teknologinya. Dia mendesain platform untuk membantu para profesional perawat kesehatan mendapat akses yang cepat para artikel-artikel riset dalam jurnal-jurnal medis. Tujuannya agar cepat.

Tapi website itu pada proses pendaftaran pertama terbukti membuat banyak pengguna frustrasi. Docphin harus kembali menanyai para pengguna pertama dan mengurangi rata-rata waktu pendaftaran menjadi dua menit. Saat ini Docphin melayani 500 rumah sakit di penjuru dunia.

 “Bagi kami. Ini semua tentang mencari nilai pengguna akhir dan bagaimana Anda mendapatkannya untuk mencapai nilai itu secepat mungkin. Apa yang kami temukan sebagai nilai riil ialah kecepatan,” katanya.
Bagi para entrepreneur baru, perlu menyadari bahwa berpikir untuk memperbaiki bisnis itu tidak akan pernah berpikir. 

“Anda selalu berpikir tentang bagaimana Anda dapat membuat semuanya menjadi lebih baik,” papar David Rush, co-founder dan CEO Earshot, perusahaan asal Chicago yang membantu bisnis menemukan konsumen baru melalui media sosial.

Produk awal Rush ialah aplikasi yang disebut Evzdrop yang memungkinkan orang-orang asing di lokasi yang sama untuk saling berkomunikasi. Konsumen mengatakan pada Rush bahwa mereka ingin akses lebih luas menggunakan jejaring sosial. Melihat peluang bisnis yang lebih baik, dia berubah, dan pada Oktober 2013, Evzdrop menjadi Earshot.

“Anda harus benar-benar menyadari apa yang dikatakan data pada Anda dan apa yang mampu Anda pelajari dari kondisi daya saing Anda atau pasar yang hendak Anda layani atau masalah yang hendak Anda selesaikan. Ini produk berkelanjutan. Anda tidak akan pernah puas,” papar Rush.*

Baca kelanjutan artikel ini di eBook Jadi Miliarder dalam 3 Tahun. Anda tidak perlu membayar Rp25.000. Sebagai promo, kami memberikan diskon 32% hingga harga eBook hanya Rp17.000Silahkan hubungi 081288851177. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar