Cari di Sini

Selasa, 10 Juli 2012

Annan Berjuang Selamatkan Misinya

DAMASKUS – Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Liga Arab Kofi Annan tiba di Damaskus kemarin, setelah dia mengakui misinya membawa perdamaian di Suriah gagal. Ini merupakan perjalanan ketiga Annan ke Suriah sejak pecah konflik di negara itu.

“Utusan khusus untuk Suriah, Kofi Annan, tiba di Damaskus malam ini untuk berunding dengan Presiden Bashar al-Assad,” ungkap juru bicara Annan, Ahmad Fawzi,dikutip AFP. Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Suriah Jihad Makdissi mengatakan bahwa Annan akan berkunjung untuk membicarakan enam poin rencana perdamaian dengan pemimpin Suriah. Annan mengakui bahwa misinya sejauh ini gagal untuk menghentikan kekerasan di Suriah.

Dia menekankan bahwa Rusia dan Iran tidak bisa dikesampingkan dari upaya perdamaian di Suriah.“Rusia berpengaruh luas, tapi saya tidak yakin bahwa berbagai kejadian akan ditentukan oleh Rusia sendiri. Iran merupakan seorang aktor. Keduanya harus menjadi bagian solusi.Keduanya memiliki pengaruh dan kita tidak dapat mengabaikannya,” tuturnya kepada harian Prancis, Le Monde.

Dia menyatakan bahwa beberapa pihak menyebut Rusia dan Iran menghalangi perdamaian.“ Sebagian kecil mengatakan tentang negara-negara lain yang mengirimkan persenjataan, uang, dan memiliki kehadiran di lapangan,”ujarnya. Sementara itu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menuduh AS dan aliansinya menentang rezim Assad, dengan tujuan mendominasi Timur Tengah dan menguatkan pengaruh Israel.

Deputi Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian menjelaskan di Yordania bahwa semua serangan ke Iran akan menjadi bencana besar dan kebodohan. “Aksi militer di Suriah tampaknya tak akan terjadi, dan jika ini terjadi itu merupakan kebodohan.Suriah dapat membela dirinya sendiri tanpa bantuan Iran. Semua solusi nonpolitik akan membawa bencana besar bagi seluruh kawasan,” papar Abdollahian.

Kantor berita Suriah,SANA, akhir pekan lalu melaporkan bahwa angkatan laut telah melakukan latihan penembakan peluru aktif untuk menyimulasikan skenario pembalasan atas serangan mendadak dari laut. Abdollahian juga menjelaskan bahwa memaksa Presiden Assad turun dan pergi ke pengasingan akan menjadi sebuah lelucon.“

Iran mendukung rencana reformasi Assad dan pembicaraan untuk memaksanya pergi ke pengasingan merupakan satu lelucon,” tuturnya di Amman, saat dia menghadiri undangan Raja Abdullah II untuk menghadiri Konferensi Gerakan Nonblok. “Iran dapat menjadi solusi untuk isu Suriah.Iran telah memberikan saran-saran pada Kofi Annan,”imbuhnya. syarifudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar