Cari di Sini

Senin, 09 Juli 2012

Gelombang Panas AS Tewaskan 42 Orang

MIDWEST – Sedikitnya 42 orang tewas akibat gelombang panas yang terjadi di puluhan negara bagian Amerika Serikat (AS) mulai dari Midwest hingga East Coast. Tanaman pertanian layu,jalanan dan jalur kereta melengkung akibat panas.

Badai diperkirakan akan mengikuti gelombang panas tersebut. Sebagian besar rumah di kawasan tersebut juga masih tak mendapat aliran listrik setelah badai yang terjadi sepekan silam. “Banyak warga berusia lanjut yang meninggal di rumah mereka karena pendingin udara tidak beroperasi akibat padamnya aliran listrik,”ungkap laporan media lokal, dikutip BBC.

Sepuluh warga di Chicago meninggal akibat gelombang panas. Sedikitnya 10 orang di masing-masing negara bagian wilayah timur, Virginia dan Maryland.Tiga orang meninggal dunia di Wisconsin, Ohio, dan Pennsylvania. Dua orang meninggal di Tennessee. Bayi berusia empat bulan juga meninggal dunia di dalam mobil yang sedang diparkir di luar rumah mereka di Greenfield, Indiana. Akhir pekan lalu suhu mencapai 41 derajat Celsius di Washington DC,hampir memecahkan rekor suhu terpanas di kota itu sebelumnya.

Suhu udara di St Louis,Missouri,mencapai 46 derajat Celsius, yang memperpanjang rekor suhu terpanas terlama di atas 45 derajat Celsius selama 10 hari berturutturut. “Ini lebih panas daripada neraka,” tutur John Ghio, wisatawan yang mengunjungi Gedung Putih,pada Reuters. Wisatawan lain, Xiao Duan, 30, asal China yang mengunjungi Washington mengatakan,“ Ini terlalu panas.Ayah saya bilang ini seperti kami dibakar di api.”

Ratusan ribu orang di West Virginia, Virginia, Ohio, New Jersey,Maryland, dan Indiana masih mengalami putusnya aliran listrik akibat badai yang melanda wilayah itu sepekan lalu. Sejumlah kota telah membuka pusat-pusat pendingin dan memperpanjang jam operasi untuk kolam renang publik. Beberapa kelompok menawarkan makanan untuk warga yang membutuhkan makanan akibat lemari pendingin mereka tidak dapat beroperasi karena listrik padam.

Pejabat di Chicago membatalkan kelaskelas musim panas di 21 gedung yang tidak memiliki pendingin udara yang beroperasi. Suhu panas membuat jalan utama melengkung, retak,dan rusak di bagian Columbus Drive.Keretakan jalan mencapai 12 sentimeter. Cuaca dingin diperkirakan akan datang dari wilayah utara Midwest meskipun badai dapat diiringi suhu lebih rendah. Sementara itu, suhu panas juga melanda sejumlah wilayah di Kanada,dengan suhu pada Jumat (6/7) menembus rekor 11 hari terpanas di Ontario. syarifudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar