Cari di Sini

Senin, 06 Februari 2012

Romney Menang di Kaukus Nevada

LAS VEGAS – Kandidat presiden dari Partai Republik Mitt Romney menang dalam Kaukus Nevada pada Sabtu (4/2). Kemenangan itu menguatkan posisinya sebagai kandidat utama menghadapi Barack Obama pada pemilu November mendatang. 


Dengan 42,9% suara yang telah dihitung, Romney meraih 42,5% suara.Perolehan kali ini masih berada di bawah suara yang didapat Romney pada 2008 sebesar 50%.

Adapun mantan Ketua DPR (House of Representative) AS Newt Gingrich berada di urutan kedua dengan memperoleh 26,2% suara.Anggota DPR asal Texas Ron Paul berada di urutan ketiga dengan 18,4% suara, diikuti tokoh religius konservatif dan mantan Senator AS dari Pennsylvania Rick Santorum dengan 13% suara. Dalam pidato kemenangannya, Romney tidak menyinggung satu pun lawan-lawannya dari Republik. Dia justru mengkritik Obama. Hal ini merupakan sinyal jelas bahwa dia ingin menegaskan posisinya sebagai kandidat utama.

“Kebijakan salah panduan presiden ini menjadikan masa sulit ini lebih lama. Amerika memerlukan seorang presiden yang dapat memperbaiki ekonomi karena dia paham ekonomi, dan saya bisa dan saya akan,” tegas Romney saat berpidato di sebuah hotel kasino Las Vegas. Romney menekankan bahwa pengalaman bisnisnya menjadi cara memperbaiki lambatnya perekonomian yang menderita akibat tingginya tingkat pengangguran mencapai 12,6% pada Desember.Argumen Romney sangat persuasif dengan menjadikan isu ekonomi sebagai andalannya. Namun, Gingrich bertekad mengerahkan semua kemampuan untuk nominasi kandidat presiden Republik pada Agustus.

Gingrich menegaskan dia tetap dapat menang. Dia berharap dapat memperoleh posisi sama dengan Romney dalam jumlah delegasi pada April mendatang.“ Saya tidak akan mundur. Saya sangat bahagia dengan posisi kita sekarang,”tuturnya. Gingrich juga menyalahkan Romney atas rumor yang beredar bahwa dia akan mundur. “Kita akan terus berkampanye hingga Tampa,” tegasnya.Tampa merupakan lokasi konvensi Partai Republik yang berada di Kota Florida pada 27 Agustus mendatang.

“Saya akan berjuang untuk serangkaian kemenangan hingga pemilihan pendahuluan di Texas pada 3 April. Pada saat itu, kami sama dengan gubernur Romney dan pada saat itu kami baru dapat melihat apakah kami dapat memenangkan nominasi atau tidak. Semua kandidat Republik akan berjuang memperebutkan suara terbanyak dari 1.144 delegasi di Tampa. Sejauh ini Romney memiliki 95,Gingrich 30,Paul 13,dan Santorum 10. Belum jelas hingga saat ini berapa delegasi yang didapatkan masing-masing kandidat dari 28 delegasi Nevada.

Gingrich yang meraih kemenangan di South Carolina bulan lalu,harus bertarung untuk menghadapi kemampuan pendanaan Romney yang lebih unggul dan mesin kampanye yang lebih baik. David Damore, asisten profesor politik di University of Nevada, Las Vegas, memprediksi Gingrich akan tetap bertahan. Namun Damore memperingatkan, Gingrich harus menang dalam Super Tuesdaypada 6 Maret untuk dapat membuat perubahan nyata. “Saya pikir Gingrich tidak akan mundur,begitu juga Paul. Jika Gingrich tidak menunjukkan apa pun, dia akan tertinggal setelah Super Tuesday.

Tapi jika dia menang, Tampa akan menyenangkan!” tutur Damore. Romney menang di Silver State karena didukung komunitas Mormon yang besar di sana. Kemenangan itu empat hari setelah dia menang di Florida. Ini merupakan kemenangan ketiganya mengalahkan Gingrich, setelah New Hampshire dan Florida. Tiga negara bagian akan menggelar pemilihan pada Selasa ( 7/10), yakni Colorado, Minnesota,dan Missouri.

Romney menarik perhatian publik setelah dia merilis tagihan pajaknya yang menunjukkan dia berpenghasilan USD20 juta dari investasinya pada 2010 dan hanya membayar 13,9% untuk pajak, tingkat terendah dibandingkan sebagian besar rakyat AS. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar