Cari di Sini

Senin, 21 Mei 2012

Bos Facebook Menikah Sederhana

SAN FRANCISCO– CEO Facebook Mark Zuckerberg mengubah statusnya sendiri di Facebook menjadi married, setelah menikah dengan Priscilla Chan, Sabtu (19/5).

Pernikahan ini mengejutkan publik karena digelar hanya sehari setelah perusahaan go public.Zuckerberg mengunggah foto pernikahannya dengan Chan di akun Facebook-nya. ”Mark menambah satu event kehidupan pada 19 Mei 2012 di timeline-nya: Menikahi Priscilla Chan,” ungkap status Mark di akun Facebook miliknya. Pernikahannya digelar di rumah Zuckerberg di Palo Alto, California.

Dalam foto itu, Chan mengenakan gaun putih, sedangkan Mark memakai jas hitam.Pasangan itu tersenyum pada hari besar tersebut. Chan, 27, merupakan pacar Zuckerberg sejak kuliah.Chan baru saja lulus dari sekolah kedokteran pada Senin (14/5), saat Zuckerberg merayakan ulang tahun ke-28. Para tamu yang hadir menduga bahwa mereka datang untuk merayakan kelulusan Chan.Namun,mereka terkejut bahwa itu adalah acara pernikahan Chan dan Zuckerberg.

”Cincin pernikahannya berupa batu rubi yang sangat sederhana yang didesain oleh Zuckerberg,” ungkap laporan BBC. Dengan statusnya sebagai miliarder,pernikahan Zuckerberg ini tentu saja tergolong sangat sederhana. Sembilan tahun silam Chan dan Zuckerberg bertemu di Harvard University, tempat Zuckerberg membuat Facebook pada 2004.Mereka kemudian pindah ke California,tempat Facebook mendirikan kantor pusatnya, dan Chan kuliah kedokteran di University of California,San Francisco.

Chan yang lulus awal pekan lalu pun mengikat janji pernikahan dengan Zuckerberg. Pernikahan ini menjadi hari besar baru bagi Zuckerberg, yang pada Jumat (18/5) melakukan perdagangan pertama saham Facebook di Nasdaq. Harga sahamnya melonjak melampaui harga awal yang ditentukan. Saham Facebook itu ditetapkan seharga USD38 pada Kamis (17/5) dalam penawaran umum saham perdana (IPO) terbesar untuk sebuah perusahaan teknologi.

Saham itu mencatatkan keuntungan 0,61% pada akhir perdagangan sebesar USD38,23, dengan rekor volume perdagangan lebih dari 575 juta saham yang diperdagangkan. Hari perdagangan saham itu dimulai dengan 30 menit penundaan perdagangan, insiden ini masih dikaji para regulator. Zuckerberg mengenakan pakaian khasnya berupa kaus dengan kerudung kepala, membunyikan bel untuk membuka Nasdaq, menandai awal perdagangan.

Zuckerberg mengatakan di kantor baru Facebook di Menlo Park, California bahwa IPO itu merupakan sebuah tonggak sejarah. ”Misi kami bukan untuk menjadi perusahaan publik.Misi kami membuat dunia lebih terbuka dan terkoneksi,” ujarnya. IPO itu menjadikan Facebook bernilai USD104 miliar di debut pasarnya.

”Angka ini naik lebih dari USD16 miliar, menjadikan Facebook lebih kaya dibandingkan raksasa keuangan Visa pada 2008.Pergerakan saham masih dapat mendorong hingga mencapai total USD18,4 miliar,”papar pernyataan Renaissance Capital.

Dengan nilai pasar saat ini, Facebook merupakan salah satu perusahaan Amerika Serikat (AS) paling bernilai, mengalahkan Amazon yang bernilai USD96 miliar dan Cisco USD89 miliar, serta lebih dari dua kali lipat nilai Ford Motor Co USD38 miliar. Namun, Facebook masih di bawah Google yang bernilai USD196 miliar dan Apple USD496 miliar. ●syarifudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar