Cari di Sini

Rabu, 30 Mei 2012

Sanksi Akan Rusak Peluang Kesepakatan

DUBAI – Iran memperingatkan negara-negara Barat yang menekan Teheran dengan berbagai sanksi saat proses perundingan, akan merusak peluang mencapai kesepakatan.

”Pendekatan melakukan tekanan seiring proses negosiasi tidak akan pernah bekerja. Negara-negara itu seharusnya tidak masuk negosiasi dengan kesalahan menafsirkan dan khayalan semacam itu,” tegas juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Iran Ramin Mehmanparast, kemarin, dikutip Reuters. Mehmanparast menjelaskan bahwa Barat memiliki konsepsi yang salah.

”Ini akan menghentikan mereka dari mendapatkan kesepakatan konstruktif dan cepat,” tuturnya pada jaringan Press TV. Barat meningkatkan tekanan sanksi terhadap Iran terkait program nuklirnya. Amerika Serikat (AS) dan aliansinya menuduh Teheran mengembangkan kemampuan senjata nuklir.

Namun, tuduhan ini disangkal oleh Iran. Negeri Mullah itu menegaskan hanya tertarik menggunakan energi nuklir untuk pembangkit listrik dan tujuan damai lainnya. Undang-Undang AS yang menargetkan industri minyak Iran akan berlaku pada 28 Juni, beberapa hari setelah pertemuan antara Iran dan kekuatan dunia di Moskow, Rusia. (syarifudin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar