Cari di Sini

Sabtu, 26 Mei 2012

Prancis Tarik Pasukan Akhir Tahun Ini

NIJRAB – Presiden Prancis Francois Hollande menegaskan lagi rencana penarikan pasukannya dari Afghanistan. Penarikan pasukan Prancis itu akan dikoordinasikan dengan pemerintah Afghanistan dan NATO.

Hollande mengungkapkan hal itu saat kunjungannya ke Afghanistan kemarin. Dia bertemu tentara Prancis yang dikerahkan di Provinsi Kapisa dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Tentara Prancis telah berperang melawan Taliban sejak invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan pada 2001.

Hollande menjelaskan bahwa keputusannya menarik pasukan tempur Prancis pada akhir 2012 dilakukan lebih awal daripada rencana sebelumnya, dan dua tahun sebelum penarikan pasukan aliansi NATO. “Ini keputusan berdaulat. Hanya Prancis yang dapat memutuskan apa yang harus dilakukan Prancis,” ungkap Hollande kepada para tentara di Pangkalan Militer Nijrab di Provinsi Kapisa, lokasi sebagian besar dari 3.550 tentara Prancis di Afghanistan, dikutip kantor berita AFP.

Hollande menambahkan, “Ini akan dilakukan dengan pengertian baik dengan aliansi kita, khususnya Presiden AS Barack Obama yang memahami alasannya dan dengan konsultasi dengan otoritas Afghanistan.” Kapisa merupakan lokasi yang menjadi akses ke Kabul dari basis Taliban di perbatasan Pakistan.Tempat ini menjadi lokasi pertempuran yang berat bagi Prancis yang harus menghadapi perlawanan dari gerilyawan dan pedagang opium.

Hollande mengakui bahwa ancaman teroris di Afghanistan tidak mereda sejak invasi 2001 menggulingkan rezim Taliban.“Ancaman teroris dari Afghanistan pada kita tidak hilang seluruhnya,” katanya, dikutip AFP. Dia menjelaskan bahwa 2.000 tentara Prancis akan meninggalkan Afghanistan pada akhir tahun, tapi Prancis akan melanjutkan proyek-proyek pembangunan.

Hollande juga mengindikasikan bahwa pa-sukan Prancis akan terus melatih polisi dan tentara Afghanistan. “Namun,waktunya telah tiba bagi Afghanistan untuk mengambil langkah yang mereka pilih dengan bebas dalam memutuskan masa depan negara mereka,”tuturnya.

Hollande menjelaskan kepada Obama di Camp David dan konferensi tingkat tinggi NATO di Chicago bahwa dia akan mengingkari janji kampanye untuk menarik pasukan tempur Prancis pada 2012. Prancis telah kehilangan 83 tentaranya di Afghanistan. ●syarifudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar